"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Beruntungkah Anda ? Di Lihat Dari Hari Dan Pasaran Kelahiran.



Manusia hidup di dunia ini mempunyai peruntungan yang berbeda-beda oleh karena itu sering orang mendatangi para peramal untuk membaca kehidupan mereka dari berbagai sudut pandang . Diakui atau tidak orang sering menyepelekan hal-hal yang berbau ramal meramal bahkan cenderung mengecilkan , namun demikian suatu waktu dengan sembunyi –sembunyi mereka mencari juga hal ini sebagai bahan referensi.

Seperti halnya perjodohan mengapa orang selalu bertanya hari atau pasaran calon menantu mereka terutama orang Jawa ini untuk apa ? Selain itu pula untuk hari pelaksanaan perkawinan mengapa mereka selalu menempatkan pada bulan-bulan tertentu sehingga pada bulan itu terjadi penumpukan orang punya gawe contohnya bulan Besar atau Dzul Hijjah ini . Sedangkan pada bulan-bulan seperti Apit atau Dzul Qo’dah orang jarang mengadakan pesta-pesta resepsi baik pernikahan atau khitanan.

Melihat itulah maka dalam tulisan ini saya akan cuplikkan keberuntungan manusia berdasarkan hari lahir dan pasaran menurut buku primbon “Betal Jemur Adammakna “ yang saat ini masih relevan sebagai bahan referensi orang Jawa . Dengan hitungan yang saya paparkan ini anda dapat mengetahui seberapa keberuntungan anda dalam menapaki kehidupan di dunia yang fana ini , bila kurang bagus misalnya anda bisa lebih berhati-hati dan memperbaiki kekurangan itu , namun jika pas jatuh bagus hitungannya juga anda berhati-hati agar dapat mempertahankannya. Jika anda percaya pada tulisan ini anda bisa meneruskan sampai habis dan mencoba untuk menghitung keberuntungan anda sendiri dan jika kurang yakin teruskan baca sampai habis  anggaplah tulisan ini sebagai bahan bacaan untuk menambah pengalaman saja .

Di dalam kitab primbon Betal Jemur Adammakna neptu hari dibedakan hari Ahad atau Minggu neptunya 5 , Hari senin neptunya 4, hari Selasa neptunya 3 , hari Rabu neptunya 7 , hari Kamis neptunya 8 , hari Jum’at neptunya 6 dan hari Sabtu neptunya 9. Sedangkan neptu pasaran adalah sebagai berikut Kliwon neptunya 8 , Legi neptunya 5 , Pahing Neptunya 9 , Pon Neptunya 7 dan Wage neptunya 4. Sebagai contoh jika anda lahir pada hari Kamis Kliwon maka neptunya ketemu 16  begitu juga jika anda lahir pada hari Ahad wage maka neptunya ketemu 9 karena hari Ahad berneptu 5 dan Wage neptunya 4 jika di jumlah ketemu 9.

Neptu kelahiran itulah yang menjadi hitungan pedoman orang jawa dalam menentukan berbagai hal kehidupan dari kelahiran , perjodohan , sampai dengan kematian. Jika anda orang jawa tidak tahu neptu kelahiran sungguh sangat disayangkan , karena anda akan merasa kesulitan jika ditanya calon mertua . Namun anda tidak perlu resah saat ini ada program khusus yang dapat untuk mengetahui hari dan pasaran kelahiran dari tanggal, bulan dan tahun anda lahir , jika masih bingung bisa menghubungi saya via SMS atau Email gampang khan.

Dalam buku primbon Betal Jemur Adammakna ini ada beberapa patokan untuk mengetahui seberapa besar keberuntungan anda dihitung berdasarkan neptu hari lahir dan pasaran. Namun karena keterbatasan maka akan saya cuplikkan beberapa bagian yang dapat anda utak-utik sendiri dengan meghitung keberuntungan anda , istri dan juga anak-anak anda atau bahkan teman-teman anda .

Jumlah neptu dan pasaran kelahiran dibagi bilangan 8 jika bersisa 1. Ginuron , kerigan artinya dihormati , tempat orang bertanya .2. Dur ,raben, Apesan artinya orangnya curang, senang poligami dan sering mendapat musibah.3. Nglampra,mblaur artinya sering pindah tempat atau tempat tinggalnya tidak menentu .4. Brama Panas sifatnya serakah atau tamak. 5. Kuat ,

 Menangan berarti sifatnya kuat atau sering menang dalam berbagai hal.6. Cantula berarti kurang bagus sifatnya .7. Punjul berarti dalam segala hal selalu berlebihan. Dan yang terakhir 8. Ilmu lantipan yang berarti pandai dalam segala hal . Itulah satu poin dari buku Betal Jemur yang menuliskan watak bayi atau manusia berdasarkan jumlah neptu hari dan pasaran mereka lahir tepatnya dihalaman 69 point 107.

Lalu gimana cara menghitungnya ? sebagai contoh dari orang tua anda anda mendapat informasi hari dan pasaran kelahiran anda KAMIS PAHING  maka cara menghitungnya adalah Kamis = 8 dan Pahing = 9 jika dijumlahkan = 17 : 8 ketemu 2 bersisa 1 jatuh pada hitungan Ginuron , kerigan. Lalu ada contoh lagi anak anda lahir pada Selasa Wage  neptunya = 3 + 4 = 7 maka bilangan tersebut tidak dapat dibagi 8 maka penghitungannya 7 dihitung bilangan sisa  jatuh pada hitungan 7 Punjul begitu seterusnya. Nah mudah bukan  ?  Dengan hitungan diatas anda dapat menghitung siapapun teman atau kerabat anda berdasarkan neptu hari dan pasaran mereka . Jika anda kurang percaya maka anggaplah hal ini sebagai game atau permainan biasa.

Selain point diatas masih ada lagi  perhitungan watak bayi atau manusia yang dihitung berdasarkan neptu hari dan pasaran kelahirannya , biasanya orang jawa hanya menghitung kebenaran itu dari salah satu poin saja jika sudah bagus maka hanya sekali itu saja , namun jika kurang bagus maka dicari dalam point lainnya. Itulah keunikan primbon Jawa ini jika anda ingin mempelajari lebih lanjut bisa baca di SINI pada poin Info Penting . ( FM)

Fatkhul Muin
Pengelola Blog : Pusat Informasi Masyarakat Pesisir (http: www.For-Mass.Blogspot.com

0 Response to "Beruntungkah Anda ? Di Lihat Dari Hari Dan Pasaran Kelahiran."

Post a Comment

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "