"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Masjid Purwogondo Jepara Penuh Dengan Ukiran


Pintu masjid dari kayu jati
Jepara sejak dahulu dikenal sebagai pusatnya ukir-ukiran kayu khususnya kayu jati. Dari daerah pesisir Jawa tengah ini sejak dahulu sampai sekarang dikirim berbagai macam kerajinan dan mebel berbagai bentuk dengan ukiran yang khas. Melihat kenyataan itulah maka Masjid Purwogondo kecamatan Kalinyamatan ini setelah direnovasi dengan penambahan kubah dari stenlis juga menambah ukiran khas kayu jati pada pagar kiri kanan yang dahulu berwujud tembok. Meskipun belum jadi sepenuhnya namun masjid yang bertempat di pertigaan Purwogondo ini kelihatan cekli dan nyeni bila dipandang.

Masjid dilihat dari depan

Selain ditinggikan bangunannya masjid Purwogondo ini , juga direnovasi dengan penambahan lantai 2 sebagai pengembangan masjid dengan jamaah yang terus bertambah . Khusus untuk ukiran kayu jati dibagian dindingnya menjadikan masjid ini bernuansa tradisional atau tempo dahulu , sehingga mengingatkan kita akan masjid-masjid peninggalan para wali songo jaman dahulu . Ukiran itu tidak hanya  dibagian dindingnya saja , namun juga pintu dan jendela sehingga kesan tradisionalnya lekat sekali. Sehingga jika kita shalat di masjid ini ini ingatan kita kembali akan berapa puluhan tahun yang lalu dengan kondisi masjid yang masih tradisional dengan bangunan panggung dari kayu.

Bagian depan Masjid
“ Mungkin ingin menonjolkan Jepara sebagai kota ukir sehingga masjid ini menggunakan bahan kayu dan ukiran untuk dindingnya, selain unsur seninya juga menunjukkan kepada khalayak jika ukiran jepara juga dapat dibuat untuk bangunan masjid apalagi ditambah dengan khot-khot arabnya nuansa seninya cukup tinggi “ , ujar salah seseorang sehabis shalat di Masjid Purwogondo ini.

 Bagi kabupaten Jepara ke depan masjid jami’ desa Purwogondo ini merupakan asset seni yang cukup dibanggakan , selain menggunakan unsure seni local yang sekarang telah memiliki HAKI juga sebagai alat promosi  bagi siapa saja yang telah melihatnya. Mereka orang-orang yang telah shalat disini pasti mempunyai kenangan tersendiri dengan ukiran di dinding masjid ini dan mempunyai anggapan bahwa seni ukir Jepara bersifat universal karena ditempatkan di tempat ibadah seperti masjidpun kelihatan indah . Diharapkan dengan selesainya pembangunan masjid jami’ ini akan menjadi masjid bernuansa seni ukir Jepara , setelah masjid Agung alon-alon Jepara yang juga menggunakan asesories ukiran dibagian atasnya 

Pindu depan
Bila pembaca ingin menyaksikan keindahan ukir-ukiran di masjid Purwogondo ini anda dapat mampir shalat disana , selain tempatnya yang dipinggir jalan besar Kudus – Jepara juga kanan kiri masjid merupakan daerah wisata kuliner. Sepanjang pertigaan Purwogondo sampai dengan depan pasar Kalinyamatan Jepara setiap sore tiba digelar berbagai macam warung tenda yang menjual berbagai macam masakan khas yang dapat dinikmati seluruh keluarga. Sehingga jika sore hari menjelang kawasan masjid jami’, pertigaan sampai dengan pasar Kalinyamatan menjadi arena keramaian tersendiri. (FM)

Fatkhul Muin
Pengelola Blog : Pusat Informasi Masyarakat Pesisir (http: www.For-Mass.Blogspot.com)

















1 Response to "Masjid Purwogondo Jepara Penuh Dengan Ukiran"

  1. Bagus Banget , :)
    Makasih,

    Lantai Kayu Flooring Solid Berkualitas
    Lantai parket / parquet
    Jual Kayu Solid merbau, sonokeling, jati, kuku, bengkirai, Decking, Trap Tangga
    facebook Ubinkayu

    ReplyDelete

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "