"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Usaha Jual Kasur Keliling Modalnya Ketlatenan Dan Kesabaran

Kasur-kasur siap dipasarkan

Demak – Orang berusaha harus memahami setiap peluang yang ada , jika menguntungkan tempat jauhpun tidak jadi masalah yang penting pulang bawa uang. Hal itulah yang dijalani oleh tenaga jual kasur keliling dari daerah pringapus Semarang ,meski harus berkeliling ratusan kilometer jauhnya namun hal itu sudah biasa. Dengan menggunakan kendaraan roda empat pick up milik “Bos Kasur” mereka menjualkan kasur produksi Salatiga ke berbagai tempat utamanya daerah pedesaan di kawasan Jawa Tengah bagian utara. Selain Demak, Jepara , Kudus , Pati merekapun “ider” kasur sampai dengan daerah Purwodadi dan Rembang. Satu mobil pick up L300 biasanya membawa kasur 40 – 50 buah yang dipasarkan oleh 7-8 orang. Kasur-kasur tersebut hasil produksi home industry didaerah Salatiga yang oleh para “Bos Kasur” kemudian dipasarkan dengan membentuk tim pemasaran dengan menggunakan mobil.

“ Saya ini sopir yang mengantarkan ke mana saja kasur ini dipasarkan , kadang saya pernah sampai di daerah Jepara bagian utara, daerah Kudus dan juga sampai di desa-desa kabupaten Pati . Kebetulan hari ini ider di kabupaten Demak “, ujar Sunardi sopir asal Salatiga yang ditemui ketika ider di desa Kedungkarang kecamatan Wedung kabupaten Demak.

Sunardi yang sudah lebih 15 tahun menjadi sopir dan mengantarkan para penjaja kasur keliling mengemukakan, setiap hari dia berangkat dari rumah sekitar jam 8 - 9 pagi biasanya sampai di tempat penjualan menempuh perjalanan 3 – 4 jam tergantung dari jauh dekatnya, Sampai di tempat mobilpun diparkir dia menunggui mobil dan kasurpun di kelilingkan oleh tenaga pemasaran. Jika kondisi ramai kasur 40 – 50 itupun habis berpindah tempat, namun jika kondisi sepi mereka menunggu sampai kasur laku sampai sore atau malam tiba.


servis dulu sebelum diiderkan
Namun dari pengalaman kebanyakan kasur-kasur itu rata-rata bisa habis meskipun keuntungan sedikit , karena harga jika sore atau malam menjelang dibanting habis-habisan mendekati harga dari bos. Dari penjualan kasur itu rata-rata mereka mendapat keuntungan Rp 10-20 ribu setiap satu buahnya , dalam sehari mereka bisa menjualkan kasur 4 – 5 buah . Sehingga dalam seharinya pendapatan mereka bisa mendapatkan Rp 40 – 75 ribu rupiah dan untuk biaya transport biasanya ditanggung oleh bos yang menyediakan kendaraan dan sopirnya.

“ Ya daripada tidak ada kerjaan di rumah karena habis tanam padi mending ikutan bos menjualkan kasur ini , bisa dapat tambahan penghasilan selain itu juga dapat pengalaman bisa melihat-lihat daerah sini ”, aku Jono warga Pringapus sambil membenahi jahitan kasur yang putus.

Menurut Jono kasur-kasur produksi Salatiga yang diiderkan di seputaran Demak, Jepara, dan Kudus adalah kualitas nomor dua yang harganya cukup terjangkau oleh kalangan ekonomi bawah sehingga penjualannyapun kebanyakan ke desa-desa. Selain kainnya yang ekonomis harganya , juga kapuk yang digunakan untuk mengisi kasur adalah kualitas nomor dua . Meskipun begitu kasur ini cukup nyaman digunakan untuk istirahat atau tidur. Laku atau tidaknya kasur ini tergantung dari ekonomi desa setempat sebagai contoh jika ider ke desa yang habis panen , maka penjualannyapun bisa laku keras jika kondisi sepi penjualannyapun ikut sepi. Oleh karena itu sebelum ider memasuki pedesaan maka mencari tahu kondisi ekonomi setempat terlebih dahulu sebelum ider kasur keliling kampung.

“ Namun demikian selama saya ider kasur keliling kampung , belum pernah kasur-kasur kami kembali semuanya satu dua pasti ada yang laku. Sehingga kami beranggapan jika kita mau berusaha pasti tuhan akan meberikan jalan rezeki “, tutur Jono lagi (FM)

0 Response to "Usaha Jual Kasur Keliling Modalnya Ketlatenan Dan Kesabaran"

Post a Comment

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "