"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Mengunjugi Masjid Agung Jepara Yang Kaya Ukiran

Ruangan masjid depan nuansa kuno
 Jepara - Jepara sejak dulu dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan ukir kayu , berbagai bentuk barang baik meubel , kerajinan tangan sampai dengan bangunan semuanya ada cirri khasnya berupa ukiran. Selain indah dilihat juga mempunyai nilai seni yang tinggi , meki telah ratusan adanya seni ukir kayu tetap dilestarikan sampai sekarang. Agar seni ukir tetap menyatu dengan warga Jepara maka bangunan tempat ibadahpun penuh dengan ukiran kayu , hal ini bisa kita lihat di Masjid Agung Jepara yang dikenal sebagai masjid kabupaten. Selain tempatnya dekat dengan pendopo kabupaten , juga ada alon-alon di sebelah utaranya sehingga jika waktu shalat tiba masjid inipun cukup ramai oleh para pegawai yang shalat berjamaah di Masjid ini.

Dulu Masjid ini semuanya berbahan dasar kayu jati , namun setelah di rehab dan diperbesar bangunan ini konstruksinya berubah menjadi beton dan berdinding tembok seperti masjid moder n saat ini . Namun demikian beberapa bagian bangunan masih menyisakan kekunoannya dengan menggunakan kayu sebagai bahan bangunannya. Sebagai contoh ruang masjid bagian depan plafonnya terbuat dari kayu jati lembaran yang dipolitur berkilat. Begitu pula tiang atau soko gurunya, meski terbuat dari dari beton namun bagian luar dililit oleh kayu dan diukir . Sehingga jika kita sholat di dalam masjid ini nuansa kekunoannya akan terasa sekali.

plafon penuh ukiran

Bagian lain yang bernuansakan ukiran kayu adalah plafon serambi luar yang jika kita lihat dari bawah akan terlihat bentuk ukiran yang indah, kayu kayu besar berukir bisa kita lihat dari bawah dengan jelas. Ukirannyapun beragam ada yang bernuansakan bunga-bunga seperti ukiran asli Jepara , namun ada pula yang berbentuk khot atau tulisan arab yang dapat kita lihat dibagian pintu dan jendela. Khusus untuk pengimaman juga berlapiskan kayu berukir serta dipolitur sehingga indah dilihat.

Bagi siapapun yang belum pernah shalat atau mengunjungi masjid ini dan kebetulan singgah ke kota Jepara anda bisa datang ke masjid ini melihat keindahan ukirannya . Selain itu ada fasilitas Hot Spot di seputaran Masjid Agung Jepara ini , sehingga jika anda membawa Laptop atau HP anda bisa berinternet ria di taman sebelah utara Masjid Agung. Selain melihat keindahan Masjid dan shalat bersama , juga bisa beristirahat santai di Taman sebelah masjid Agung yang setiap sorenya tiada sepi dari pengunjung.

“ Ya daripada bengong di rumah mendingan internetan di taman ini dan jika tiba waktu shalat bisa jamaah shalat di Masjid Agung Jepara ini “, ujar salah seorang pengunjung. (Fatkhul Muin )

1 Response to "Mengunjugi Masjid Agung Jepara Yang Kaya Ukiran"

  1. Subhanallah :) bagus banget ukirannya. Nggak salah dech kalau jepara terkenal dengan ukirannya tapi ukiran palembang nggak kalah bagus lho

    ReplyDelete

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "