"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Ingin Kepiting Bakau , Ke Desa Kedungkarang Demak Aja


Pembudidaya kepiting

Demak – Desa Kedungkarang kecamatanWedung kabupaten Demak sejak dulu dikenal sebagai gudangnya pemburu Kepiting bakau . Dulu hampir separoh lebih warga desa ini mengandalkan hidupnya dari berburu kepiting bakau di tambak-tambak, pinggir pantai dan juga rawa-rawa. Namun seiring dengan makin sempitnya lahan berburu dan juga larangan untuk menangkap kepiting di tambak oleh pemiliknya maka jumlah pemburu kepiting semakin lama semakin berkurang .

Selain beralih profesi pekerjaan lain , mereka ada yang keluar Jawa untuk mencari daerah buruan baru di Sumatera , Kalimantan dan juga Sulawesi . Namun demikian desa ini saat masih dikenal sebagai desa pemasok kepiting bakau di kawasan Demak dan sekitarnya. Apalagi beberapa warga kini ada yang membudidayakan kepiting bakau ini di lahan tambak mereka.

“ Selain untuk penggemukan kepiting , lahan ini juga untuk memelihara kepiting tidak bertelur dijadikan kepiting bertelur . Dengan cara ini penghasilan mereka jadi bertambah karena dia beli dalam kondisi kecil dan kosong tidak bertelur setelah dipelihara menjadi besar, gemuk dan bertelur “ Ujar Muhdi Kepala desa Kedungkarang kepada KabarseputarmuriA .

Bupati Demak panen kepiting bakau di Kedungkarang

Muhdi mengemukakan saat ini warganya yang berprofesi sebagai pemburu kepiting masih ada 300 an orang . Selain menangkap kepiting di daerah pesisir Wedung , mereka banyak yang hijrah ke tempat lain untuk membuka lahan penangkapan baru. Seperti di luar Jawa misalnya mereka dibawa para bos pengepul kepiting dan melakukan perburuan kepiting di sana . Hasil perolehan mereka di tampung oleh para bos yang kemudian mereka pasarkan ke seluruh indonesia . Mereka memperoleh hasil dari para bos tersebut yang kemudian uangnya dikirimkan ke rumah masing-masing, atau ketika mereka pulang hasilnya mereka bawa untuk yang dirumah.

“ Untuk kecamatan Wedung dan sekitarnya desa kami bisa dikatakan pemasok kepiting bakau nomor satu , sehingga siapapun yang ingin membeli kepiting bakau ini bisa mendatangi para pengepul yang ada didesa kami jumlahnya puluhan orang yang berprofesi sebagai pengepul kepiting bakau “, tambah Muhdi

Kepiting bakau yang menggiurkan
Pengepul kepiting bakau dari desa Kedungkarang setelah mereka mendapat kepiting dari para pemburu ,selain dipasarkan di pasar terdekat seperti pasar Kedungmutih , pasar Jepara , pasar Pecangaan dan juga pasar Kudus banyak pula yang dibawa ke kota besar seperti Semarang, Solo , dan juga Jakarta. Oleh karena itu agar pasokan selalu ada beberapa pengepul membuat kolam pembesaran kepiting yang diisi kepiting kecil-kecil atau kosongan belum bertelur . Setelah dipelihara beberapa hari dengan memberi pakan ikan rucah kepiting tersebut bisa di panen dengan cara memilih yang besar dan bertelur.

“ Oleh karena desa Kedungkarang dikenal sebagai penghasil kepiting bakau , banyak pembeli yang datang langsung ke desa ini untuk membeli . Bahkan jika ingin kepiting masak langsung di makan ada juga yang melayani dengan cara order atau member tahu lebih dulu “, ujar Shofirin warga desa Kedungkarang pada KabarseputarmuriA (FM).





2 Responses to "Ingin Kepiting Bakau , Ke Desa Kedungkarang Demak Aja"

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "