"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Kenaikan BBM Membuat Makin Susah Penghidupan Nelayan

Perahu nelayan siap berangkat ke laut

Demak - Kenaikan BBM yang akan diberlakukan tidak lama lagi membuat sejumlah nelayan di pesisir  Demak dan Jepara resah . Pasalnya belum ada kenaikan BBM saja hidup mereka sudah susah , apalagi ditambah dengan beban kenaikan BBM lagi. Praktis penghasilan mereka sebagian tersedot oleh imbas kenaikan harga BBM , selain itu biaya hidup sehari-hari juga akan mengalami kenaikan . Dalam sehari mereka membutuhkan Solar 30 – 40 liter , jika ada kenaikan sebesar Rp 1.500 maka pengeluaranpun bertambah Rp 45 ribu – 60 ribu .

” Saya sehari miyang butuh solar 30 liter , jika nanti harganya naik Rp 1.500 saja maka penghasilan saya akan berkurang Rp 45.000,- , belum lagi kebutuhan untuk bekal lainnya . Saya pusing jika memikirkan kenaikan BBM ini ”, kata Agus (34) Nelayan asal desa Karangaji kecamatan Kedung kabupaten Jepara.

Dikatakan oleh Agus , meski nanti pemerintah mengeluarkan BLT baginya tidak ada artinya , karena selain dia belum tentu dapat juga membuat maslah tersendiri di desa . kalau dihitung dengan pengeluarannya setiap hari nilai BLT tidak ada apa-apanya dengan pengeluaran tambahan dari imbas kenaikan BBM . Oleh karena itu dia mengharapkan pemerintah memberikan bantuan khusus pada nelayan sebagai dampak kenaikan harga BBM.

” Bagi saya BLT bukan solusi tepat untuk mengatasi dampak kenaikan BBM , namun bagi saya para nelayan disini harus ada bantuan nyata pada nelayan misalnya dengan memberikan bantguan pemberdayaan seperti pemberian alat tangkap , perbaikan perahu dan juga perbaikan rumah nelayan ”, kata Agus.

Disisi lain Mashadi penjual eceran bensin dan juga solar asal desa Babalan mengatakan kenaikan BBM akan berdampak semakin sudahnya kehidupan nelayan . Penghasilan mereka akan habis untuk membeli bahan bakar mesin , setidaknya mereka akan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 50 ribu setiap hari . Jika laut sedang bagus dan perolehan mereka banyak hal itu tidak terasa , namun jika laut sedang sepi hal ini membuat semakin besar hutang mereka pada pengepul .

” Jika laut sedang ramai mereka bisa membeli bahan bakar kontan dari saya , namun jika laut sepi mereka pada ngutang sehingga saya harus punya modal lebih untuk melayani para nelayan ”, kata Mashadi yang juga tukang ojek.

Oleh karena itu Mashadi mengharapkan pada pemerintah untuk memberikan kebijakan khusus pada nelayan dengan memberikan bantuan khusus pada nelayan sebagai dampak kenaikan harga BBM . Jika tidak ada bantuan sama sekali hidup nelayan akan susah untuk makan sehari-hari saja susah apalagi untuk memperbaiki alat tangkap dan perahu. Sehingga banyak dari mereka karena perahunya sudah tua dipaksakan melaut akhirnya berdampak kecelakaan dlaut semakin banyak.

” Entah mas saya juga pusing memikirkan kenaikan BBM ini , selain itu saya harus menambah modal untuk tetap bisa jualan solar dan bensin eceran ini ”, kata Muashadi.

Zuliyanto (42) pengepul hasil laut dari desa Kedungmutih mengatakan , kalau benar pemerintah menaikkan harga BBM nanti . Pemerintah harus benar-benar memberdayakan nelayan agar hidup mereka tidak susah seperti sekarang, misalnya dengan meberikan bantuan alat tangkap nelayan yang canggih , rehabilitasi perahu nelayan yang sudah tua dan juga memperbaiki sanitasi atau lingkungan nelayan yang kumuh. (Muin)


EcoBALL

0 Response to "Kenaikan BBM Membuat Makin Susah Penghidupan Nelayan"

Post a Comment

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "