"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Desa Karangaji Jepara Bangun Gedung Madrasah Diniyah dari Dan PNPM Mandiri

Bangunan Madin Dimulai

Jepara - Tahun 2012 ini desa Karangaji kecamatan Kedung kabupaten Jepara mendapatkan dana PNPM ( Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ) Mandiri Perdesaan sebesar Rp 106 juta rupiah . Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan gedung Madrasah Diniyah sebanyak tiga lokal . Sebelumnya sudah ada bangunan , namun karena kondisinya sudah tua maka bangunan  tersebut direhab total . Selain dari dana PNPM masyarakat berswadaya sebesar Rp 50 juta rupiah sehingga total anggaran yang dibutuhkan menjadi Rp 156 Juta rupiah.

” Masyarakat mermang sejak awal sudah mempunyai niat untuk merehab bangunan Madrasah Diniyah ini , selain kondisinya sudah tua bangunan ini juga sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka pembelajaranb agama untuk anak-anak jika sore hari ” kata Mufaiduddin, S P d Petinggi desa Karanagaji pada kabarseputarmuria  di rumahnya Senin  (7/5)

Faid mengatakan , dibangunnya gedung Madin tersebut berawal dengan adanya koordinasi fihak Yayasan ” Ki Aji Tunggal” yang menaungi Madrasah Diniyah dengan desa setelah adanya informasi mendapatkan dana  PNPM. Selain itu lewat musrenbangdes pembangunan gedung Madrasah ini juga terus mencuat karena kondisinya yang cukup memprihatinkan. Oleh karena itu diputuskanlah Madrasah Diniyah tersebut dibangun dengan dana PNPM , dengan tambahan swadaya masyarakat dari masyarakat atau Yayasan.

” Rencananya untuk tahap awal ini dibangun tiga ruangan kelas , gedung lama diratakan dulu kemudian dibuat pondasi awal selanjutnya baru dibangun ruangan kelas. Harapan ke depan di tempat ini akan dibangun lagi tiga lokal ”, tambah Faid.

Dikatakan oleh Faid , Program PNPM Mandiri Perdesaan bagi desanya cukup membantu dalam rangka pengentasan kemiskinan . Berbagai bangunan telah diselesaikan dan cukup bermanfaat bagi masyarakat utamanya golongan ekonomi menengah ke bawah . Diantara bangunan yang dibiayai oleh PNPM adalah Jalan kampung , normalisasi saluran air, Jalan menuju ke lahan pertanian , Pembagunan Madrasah Ibtidaiyah dan juga pembangunan Gedung TK. Tanpa adanya dana PNPM tesebut masyarakat akan sulit mengembangkan dirinya karena mereka kebanyakan dalan kondisi ekonomi yang lemah.

” Alhamdulillah dana PNPM sangat membantu pemberdayaan warga desa kami , mengandalkan warga masyarakat akan sulit berkembang desa ini karena untuk kebutuhan sehari-hari saja mereka kesulitan apalagi memikirkan pembangunan di desanya ” kata Faid.

Rencana gambar jadi

Oleh karena itu ke depan jika masih ada dana dari program PNPM tersebut fihaknya mengharapkan desa akan mendapatkan lagi untuk membenahi infrastruktur desa yang berkaitan dengan peningkatan hasil pertanian. Selain akses jalan pertanina yang masih harus ditingkatkan agar mudah dalam rangka pengangkutan hasil panen. Pengairan juga harus dibenahi di beberapa titik sehingga semua lahan sawah kebagian air secara merata , sehingga lahan sawah bisa dioptimalkan pengerjaannya.

” Setelah sarana prasaran di dalam desa sudah terbenahi , maka fokus kami akan kami alihkan di lahan pertanian . Misalnya pengerukan sungai yang dangkal , pembenahan saluran air juga jalan pertanian untuk mengangkut hasil pertanian ”, kata Faid. (Muin)

1 Response to "Desa Karangaji Jepara Bangun Gedung Madrasah Diniyah dari Dan PNPM Mandiri"

  1. Bila Anda membutuhkan jasa inspeksi - instalasi - dan perawatan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Seperti, gedung, menara komunikasi, cerobong, konstruksi jembatan, maupun rig lepas pantai. Dengan teknik Rope Acces bisa menjangkau kemanapun, terbukti aman, efisien dalam waktu dan biaya.
    Menerima seluruh wilayah di Indonesia.

    http://karashighreach.blogspot.com/
    http://www.facebook.com/pages/Karash-High-Reach/427168827351889?ref=ts&fref=ts

    ReplyDelete

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "