"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Desa Babalan Desa Pesisir Yang Patut Dilirik Keberadaannya

Demak - Desa Babalan kecamatan Wedung kabupaten Demak dulu dikenal sebagai desa pelosok yang jauh dari keramaian , selain akes jalannya yang masih sulit juga kultur masyarakatnya yang masih kental ketradisionalannya. Nilai keagamaan terutama Islam sangat kelihatan , dari banyaknya tempat ibadah dan juga tempat untuk belajar agama islam.
Selain dikenal sebagai desa pesisir yang mengandalkan laut dan tambak sebagai matapencahariannya , juga desa ini dikenal sebagai desa dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Sehingga saat ini disetiap tempat dapat dipastikan ada komunitas warga desa Babalan karena mereka banyak bermigrasi mencari daerah penghidupan baru.
Namun setelah puluhan tahun berjalan desa Babalan kini mengalami kemajuan di segala bidang untuk bidang pendidikan dari PAUD, TK, RA, SD, MI , MTs dan MA (Madrasah Aliyah) semua ada. Sehingga warga desa yang ingin melanjutkan pendidikan sampai tingkat Atas tidak perlu keluar desa. Ini cukup membantu bagi warga yang berekonomi kurang mampu.
Di bidang pembangunan sarana prasarana desa Babalan sudah menunjukkan kemajuan selain jalan kampung yang mulai bagus, juga bangunan sekolahnya juga bisa dilihat dalam kondisi baik.  Bangunan tempat ibadah juga tidak kalah bagusnya , karena setiap waktu mendapat perbaikan dari warganya.
Salah satu sudut desa Babalan
Sosial masyarakatnya dari dulu sampai sekarang terus berkembang ke arah pemberdayaan , ini terlihat dari suksesnya program pemerintah di desa ini selain PNPM Mandiri , juga program-program lainnya. Ini terlihat dari setiap tahun pasti ada kegiatan pembangunan di desa baik yang bersumber dari ADD, APBD II dan juga dana swadaya.
Sayangnya akses menuju desa Babalan dari dua arah masih perlu ditingkatkan karena kondisinya masih sangat buruk . Dari arah Menco kondisi jalan masih sangat buruk sehingga pengguna kendaraan roda empat masih kesulitan untuk menuju desa ini.Apalagi jika musim hujan tiba jalan sepanjang 4 kilometer beberapa tempat menjadi kubangan lumpur sehingga menyulitkan kendaraan yang lewat.
Rumah di tengah kali
Begitu juga jalan dari Desa Kedungmutih sepanjang 3 Kilometer menuju desa Babalan juga perlu perbaikan karena masih berujud jalan beton namun belum semuanya. Beberapa ruas masih berujud makadam yang jika musim penghujan tiba akan menimbulkan genangan yang menyulitkan orang melewatinya.
Padahal desa Babalan menyimpan potensi yang cukup besar untuk dikembangkan . Selain dikenal sebagai desa nelayan desa ini juga potensial tambak ikan dan juga tambak garamnya . Pemandangan di desa ini juga cukup bagus karena masih ada sungai-sungai kecil di sepanjang desa. Sehingga jika musim liburan tiba desa ini menjadi arena memancing yang cukup mengayikkan. Tidak percaya ? berkunjung aja ke desa Babalan adapun routenya bisa dari Jepara atau Demak . (Muin)

7 Responses to "Desa Babalan Desa Pesisir Yang Patut Dilirik Keberadaannya"

  1. tempat ibadah , sekolah Emang lumayan
    tapi itu hanya sebatas profil,ya saja pak , coba kita lihat sistem,ya. .?
    kebanyakan sekolahanya itu hanya dibuat tempat kamuflase, tapi ada juga sebagian kecil yang mampu menyerap ....! lebih bagus lagi jika siswa itu bisa bermetamorfosa ,
    Dan masalah dibidang SDM yang dibalai desa , jangan orang yang bukan bidang,ya dijadikan anggota .
    Dan satu lagi jangah budayakan korup ,
    warga mau bikin KTP aja susah,ya minta amapun.

    semoga bisa dicermati Karna anda adalahorang cerdas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju pak,itu memang kekurangan dari orang babalan

      Delete
  2. Babalan memang terbaik, desa pencetak ulamak, banyak ulamak dari berbagai kota yang asal usulnya dari desa babalan

    ReplyDelete
  3. di situ banyak Sumner pasti banyan comberan(peceren),kekurangan pasti ada namun jgnlah hanya melihat kekurangannya saja,aku adalah salah satu putra babalan yg take mungkin melupakan desa tercintaku hususnya dlm bidang keagamaan,banyak para kyai,apalagi budaya mondok..

    ReplyDelete
  4. di situ banyak Sumner pasti banyan comberan(peceren),kekurangan pasti ada namun jgnlah hanya melihat kekurangannya saja,aku adalah salah satu putra babalan yg take mungkin melupakan desa tercintaku hususnya dlm bidang keagamaan,banyak para kyai,apalagi budaya mondok..

    ReplyDelete

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "