"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Usaha Pembuatan Batu Bata “Jeruk Wangi “ Jepara Lebih 20 Tahun

Tobong bata merah di Jeruk Wangi

Jepara – Desa Kalipucang Kulon Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara sejak dulu di kenal sebagai sentranya pembuatan Batu bata Jepara. Tepatnya di dukuh Jeruk Wangi inilah puluhan warga desa hidup dari pembuatan batu bata.

Batu bata dari desa ini dikenal bagus oleh konsumen di berbagai tempat. Selain dikirim berbagai tempat di Jepara , bata dari Jeruk Wangi ini mengelana ke berbagai daerah Jawa Tengah Barat, Utara dan Timur. Ke barat sampai Kendal , Batang , Ungaran sedangkan ke Timur sampai ke daerah Kudus , Pati dan Rembang.

“ Usaha pembuatan bata disini udah lebih 20 tahun. Dulu hanya beberapa orang saja . Namun kini yang terjun ke usaha pembuatan bata ini lebih dari seratus orang “, terang Pak Nadhir pengepul bata dari kampung Jeruk Wangi padaFORMASS Minggu (1/12).

Pak Nadhir


Pak Nadhir mengatakan usaha pembuatan bata merah ini merupakan salah satu mata pencaharian warga Jeruk Wangi. Jumlah tenaga kerja yang terserap pada usaha berbahan baku tanah liat mencapai ratusan orang. Satu tobong usaha pembuatan bata merah ini 2-4 orang.

Tenaga kerja itu diantaranya tenaga cetak bata , tenaga bakar , tenaga olah tanah sampai dengan bagian pemasaran . Untuk tenaga kerja bagian cetak biasanya diterjunkan ibu-ibu. Sedangkan untuk tenaga olah tanah adalah para bapak.
“ Jumlah tenaga kerja yang terserap pada usaha pembuatan bata disini cukup banyak . Tidak hanya warga Jeruk Wangi saja namun warga desa tetangga banyak pula kerja disini “, papar nadhir.

Pengrajin  bata merah di Jeruk wangi
Dulu sebelum tanah persawahan habis dikeduk tanah bahan untuk membuat bata tidak membeli . Namun seiring berjalannya waktu maka sawah-sawah menjadi kubangan yang cukup dalam. Akhirnya pengrajin mendatangkan tanah untuk membuat bata dari daerah Mayong.

“ Nah dengan makin berkurangnya tanah itulah maka bahan baku bata merah ini beli dari daerah Mayong. Dengan diangkut truk setiap hari ratusan meter kubik tanah didatangkan ke tempat ini “, tambah pak nadhir.

Mengenai harga bata merah menurut pak Nadhir berfluktuasi tergantung dari cuaca. Jika musim kemarau harga bata merah cenderung normal karena pembuatan mudah. Namun jika musim penghujan tiba harga mulai naik karena pasokan bata merah dari pengrajin berkurang. Selain itu untuk produksi juga sulit karena factor cuaca.

“ Ya kalau untuk hari ini harga bata merah disini berkisar Rp 500 perbijinya. Jika beli sampai 8.000 biji maka pembeli tidak usah mengeluarkan biaya angkutan. Namun jika belinya sedikit maka pembeli harus membayar biaya angkutnya “, papar Pak Nadhir yang setiap hari melayani pembelian bata merah dan mempunyai mitra puluhan pengrajin bata merah (MuiN)

Nama Usaha                :  Jual Beli bata Merah
Alamat                        :  Jeruk Wangi Kalipucang Kulon Welahan Jepara
Pemilik Usaha               : Nadhir
Kontak                        :  081513575394 - 085225272809

4 Responses to " Usaha Pembuatan Batu Bata “Jeruk Wangi “ Jepara Lebih 20 Tahun "

  1. terima kasih informasinya semoga bermanfaat gaes, thanks
    semangat pagi
    https://batubatajepara.com

    ReplyDelete
  2. sekedar informasi.
    jika di mayong adalah pusatnya genteng, maka di welahan situ adalah pusatnya pembuatan bata welahan yang biasa banyak orang menyebutnya batu bata welahan harga lebih murah karena langsung dari pengrajinnya.
    semoga bermanfaat ya...

    ReplyDelete
  3. nah, untuk anda yang tinggal di sekitar wilayah jepara dan sekitarnya, demak, kudus, pati, semarang, dan wilayah jawa tengah yang masih terjangkau, dapatkan batu bata dengan harga terjangkau dengan kualitas super, ringan, merah, keras, dan kualitas terbaik, hanya ada di batu bata jepara

    silakan buktikan, datang dan cek sendiri ke lokasi ya, sepanjang kanan-kiri jalan sejak masuk gerbang selamat datang di jepara dari arah semarang/demak, anda akan disuguhi pemandangan sawah-sawah yang terdapat brak-brak untuk pembuatan batu bata merah.

    ReplyDelete
  4. terima kasih informasinya,
    saya mau berbagi info juga tentang batu bata ya gaes...

    salah satu batu bata berkualitas buatan tangan dari para pengrajin bata adalah bata dari Jepara, untuk pemesanan, silakan bisa klik chat Whatsapp berikut ini.
    Bp Sukadar » 0852-9275-8208 👈 click to chat

    ReplyDelete

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "