"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Pasar Sore Karangrandu , Pasar Jajanan Murah di Jepara Patut Dicoba


Di Desa Karangrandu kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara saat ini ada satu pasar kuliner atau jajanan tradisional ala Jepara. Orang menyebutnya sebagai PSK ( Pasar Sore Karangrandu ). Pasar ini terletak di jalan raya Pecangaan – Karangrandu km 2. Pedagang membuka lapaknya sekitar jam duabelas siang  dan berakhir jam enam sore.

Adapun makanan khas Jepara ada gethuk lindri, horog-horog,gethuk kicak, hoyog-hoyog , klepon ketan, bubur, gemblong, klenyem dan masih banyak yang lainnya. Untuk lauk pauk dan sayuran ada pecel kangkung , pecel rumpul laut, bothok petet, pepes ikan, sate keong dan berbagai macam gorengan lainnya.

Untuk minumannya ada es cendol, es gempol pleret , es kacang ijo , es ketan ireng dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Karena komplitnya makanan khas jepara inilah menjadikan pasar sore desa Karangrandu ini menjadi salah satu daerah tujuan untuk JJS ( Jalan-jalan sore ) warga kecamatan Pecangaan dan sekitarnya .



Sehingga jika sore tiba tempat parkir  pasar sore ini penuh dengan sepeda   dan mobil milik para pengunjung pasar yang ingin mencicipi lezatnya jajanan khas Jepara ini.Selain itu ada juga pembeli yang berombongan naik kereta kelinci.

“ Jika hari Minggu atau Jum’at sore pengunjung di pasar sore ini cukup ramai , karena pengunjung tidak hanya datang dari sekitar sini , tetapi ada yang datang dari luar kecamatan untuk membuktikan kelengkapan dan kelezatan kuliner disini“, kata Zaenal Arifin pengelola Pasar Sore Karangrandu pada kabarseputarmuria.com

Dijelaskan , Pasar sore desa Karangrandu ini awal pendiriannya adalah pasar tradisional biasa yang menjual kebutuhan sehari-hari utamanya sembako , namun dalam perjalanannya ada perubahan jualan para bakul . Penjual sembako makin berkurang berganti dengan dagangan berupa makanan tradisional siap saji ini berawal ketika bulan puasa lima tahun yang lalu.



Jika waktu berbuka puasa tiba warga sekitar Karangrandu mencari hidangan berbuka untuk keluarga dengan cara membelinya kemudian dibawa pulang sehingga lapak-lapak para pedagang tidak disediakan bangku untuk makan ditempat. Bulan puasa usai sudah namun kegiatan penjualan makanan ini terus berlangsung , kedatangan pembeli tidak untuk dibawa pulang saja tetapi juga dimakan ditempat.

Oleh karena itu disetiap lapak-lapak pedagang diberi bangku untuk para pembeli yang makan di tempat itu sehingga mirip warung tenda pinggir jalan. Kekomplitan, kelezatan dan juga keekonomisan harga makanan di pasar ini membuat para pembeli yang datang tidak hanya sekali saja .
Pengunjung yang datang ke tempat ini kemudian menceritakan keistimewaan dari pasar sore desa Karangrandu ini kepada tetangga teman dan siapa saja , sehingga makin lama pasar ini menjadi salah satu pasar jajanan tradisional Jepara . Namun demikian para pedagang hasil bumi, seperti sayuran , beras sembako juga masih ada.



“ Pasar sore desa Karangrandu ini dulunya terletak dipinggir jalan dan tidak begitu besar , ketika desa mendapatkan dana PPK maka dana tersebut dibangunkankan pasar ini yang dahulunya kolam . Dan sekarang pasar sore ini berkembang menjadi pasar jajanan atau kuliner bagi warga desa Karangrandu dan sekitarnya. Selain komplit makanannya harganya juga merakyat jajanan disini harganya mulai Rp 500,- - Rp 2.000,- , bawa uang Rp 5.000,- makan disini ditanggung kenyang “ , tambah Arifin yang juga Carik desa Karangrandu.

Sementara itu salah seorang pengunjung pasar sore yang mengaku berasal dari Welahan  Jepara mengatakan cukup puas jajan dan berbelanja makanan tradisional disini , selain makan ditempat ada juga makanan yang dibawa pulang. Berbagai ragam jenis makanan khas ndesa semua ada . Untuk harganyapun merakyat .
 .
“ Untuk kelas ekonomi menengah ke bawah pasar sore desa Karangrandu ini cocok untuk kegiatan kuliner seluruh anggota keluarga. Selain itu kita juga masih bisa belanja kebutuhan rumah lainnya. Jadi yang belum pernah ke tempat ini bisa mencobanya “, ujarnya lagi .

Pak Arifin


Untuk lebih menarik pengunjung pasar sore desa Karangrandu ini perlu pembenahan diberbagai tempat dan Ini menjadi tugas para pengelola misalnya dari sebagian retribuasi parkir maupun dari pedagang dananya dipergunakan untuk pembenahan secara bertahap .

Selain itu peran pemerintah daerah maupun swasta juga diperlukan agar penjual dan pembeli nyaman mengadakan transaksi disini dan hal ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan agar pedagang lebih maju. Tentunya akan menambah lagi jumlah pengunjung ke tempat ini

Misalnya dengan mengadakan event-event acara wisata yang dibalut dengan kegiatan kuliner setiap tahun sekali. Sehingga pengunjung akan datang lebih banyak lagi dan tentunya ini juga sebagai ajang promosi . Agar keberadaan PSK ini tetap diminati oleh pembeli.(Muiin)

0 Response to "Pasar Sore Karangrandu , Pasar Jajanan Murah di Jepara Patut Dicoba"

Post a Comment

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "