"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Musim Penghujan , Buah Ceplukan di Tambak Demak Tinggal Panen

Pencari buah ceplukan

Demak – Buah ceplukan akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di media social karena harganya yang cukup selangit. Buah mini ini di super market dijual 0,06 Kg dibandrol sekitar Rp 31.000. Jika dihitung setiap kilo buah tanaman perdu inimencapai Rp 500 ribu setiap kilogramnya. Padahal tanaman perdu ini jika musim hujan sangat mudah didapatkan di areal pertambakan di kawasan Wedung kabupaten Demak.

Gibran salah satu pencari buah ceplukan mengatakan , di arela pertambakan buah ceplukan ini bisa kita dapatkan dengan mudah. Di tanggul-tanggul atau pinggir sungai tanaman ceplukan ini tumbuh subur. Karena waktu berbuahnya yang cukup cepat maka buah ceplukan matang pohon sangat mudah dicari.

“ Saya dengan teman-teman mencoba berburu buah ceplukan ini ke areal pertambakan desa Kendalasem , hasilnya luar biasa saya bisa dapatkan ceplukan satu zak besar kita jual kemarin hanya Rp 50 ribu “, kata Gibran pada kabaredemak.com
Ceplukan di pinggiran tambak

Potensi buah ceplukan di kawasan pertambakan cukup banyak. Setiap waktu jika musim penghujan  tiba kita bisa mendapatkan buah mini ini dengan mudah. Apalagi tanaman liar ini terus tumbuh jika ada air hujan. Oleh karena itu bagi yang membutuhkan  buah ceplukan ini bisa berburu atau membeli di ke desa pertambakan seperti desa Kedungmutih, kedungkarang dan juga kendalasem.

Bagi warga pesisir sekitarnya buah ceplukan yang banyak ini biasanya di jual di sekolahan-sekolahan dengan dibungkus plastic harga jualnya berkisar Rp 1.000 – Rp 2.000. Oleh karena itu jika ada yang mau mengembangkan sebagai bisnis baru dengan menjualnya di area perkotaan harganya lebih mahal dan hasilnya juga lebih banyak.
Ceplukan dalam kemasan
Dari segi kesehatan buah ceplukan ini mempunyai nilai manfaat yang tinggi. Selain sebagai pencegahan darah tinggi , buah ceplukan juga bisa menhatasi penyakit gula. Banyak kajian ilmiah yang menyebutkan kandungan buah dan juga tanaman ceplukan ini. Namun karena belum ada yang tahu maka buah ceplukan ini hanya dikonsomsi sesaat saja.

Jika mau mengembangkan sebagai suatu usaha , penjualan buah ceplukan ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Selain tidak membutuhkan modal yang banyak , buah ceplukan ini tumbuh liar dan kita bisa langsung memanen tanpa menanam atau merawatnya. Bahkan jika pandai mengolahnya buah ceplukan ini bisa diramu sebagai obat herbal. Misalnya dibuat kapsul atau jamu. (Muin)

2 Responses to "Musim Penghujan , Buah Ceplukan di Tambak Demak Tinggal Panen"

  1. numpang promosi ya gan, kalo butuh biji buah ceplukan buat ditanam PIN 273ACCFD ada macam2 ceplukan nanti bisa tanya gmbarnya juga, trimakasih

    ReplyDelete

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "