"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Rob Menggila Jalan dan Rumah di Desa Babalan Demak Tergenang Air


Demak – Rob yang cukup tinggi juga berdampak pada desa Babalan kecamatan Wedung kabupaten Demak . Sejumlah rumah dan jalan raya  tergenang air rob. Selain itu rob juga menggenangi pemakaman desa yang terletak di sebelah utara desa.

Air rob yang menggila terjadi hampir sebulan ini . Air dari laut datang sekitar pukul 12 siang masuk ke kampung dan menggenangi jalan, rumah dan tempat lainnya yang posisinya lebih rendah. Jalan utama desa Babalan terendam sekitar 200 meter dengan genangan tertinggi sekitar 50 cm. Akibatnya pengendara mencari jalan alternative yang lebih tinggi.

“ Ya sudah sebulan ini jika siang tiba air mulai masuk perlahan-lahan . Sekitar jam 2 siang genangan mencapai tertinggi . Baru habis kembali semula sekitar jam 5 sore “, kata Sukiman warga desa Babalan pada kabaredemak.com.

Sukiman mangatakan , rob tinggi pada tahun ini yang terbesar sepanjang sejarah. Setiap tahun pasti ada rob tinggi , namun tidak pernah ,meluber ke jalan dan pemukiman. Namun pada tahun ini rob tinggi masuk ke pemukiman dan jalan terjadi setiap hari. Kondisi ini cukup menganggu warga terutama yang rumahnya rendah posisi lantainya.

“Kalau dihitung rumah yang tergenang mencapai puluhan rumah , yang terparah kampung ngebom dan TPI. Rumah-rumah tersebut terletak di pinggir sungai yang langsung mengarah ke laut “, tambah Sukiman.



Sukiman berharap kondisi ini menjadi perhatian pemerintah. Pada tahun yang akan datang ada pengurugan jalan sehingga posisinya lebih tinggi.Selain itu juga pembuatan talu-talud disepanjang pinggir sungai agar air rob tidak bisa memasuki area pemukiman.

Ahmad warga yang rumahnya terendam air rob mengatakan , sudah sebulan ini lantai rumahnya tergenang air rob. Karena belum di ubin maka kondisi rumahnya menjadi kumuh. Untuk meninggikan lantai rumah belum ada dana. Sehingga rob ini membuat permasalahan tersendiri bagi keluarganya.

Selain jalan , rumah dan lingkungan permukiman lain. Rob yang tinggi juga menggenangi pemakaman umum yang berada di Utara desa. Ratusan pemakaman terendam air sampai batu nisan tidak kelihatan lagi. Peziarah yang ingin berdo’a di area pemakaman tidak bisa mendekat ke makam dan hanya duduk di jalan masuk makam. (Muin)


Butuh Garam Krosok Demak Hubungi  HAMZAWI 085727809314 

1 Response to "Rob Menggila Jalan dan Rumah di Desa Babalan Demak Tergenang Air"

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "