"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Survey Mawas Diri , Kedungmutih Butuh TPA Sampah dan WC Umum

Suasana SMD -MMD di balai Desa Kedungmutih
Demak – Desa Kedungmutih kecamatan Wedung  Sabtu (25/3) mengadakam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Survey Mawas Diri yang difasilitasi Puskesmas Wedung 2. Dalam Musyawarah tersebut dibahas berbagai permasalahan yang menyangkut tentang kesehatan di desa Kedungmutih.  Selain itu juga di bahas solusi dan cara mengatasinya.

Kepala Puskesmas Wedung 2 dr. Eka mengatakan Survei Mawas Diri  adalah kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masyarakat kesehatan   yang dilakukan oleh kader dan tokok masyarakat setempat dibawah bimbingan kepala Desa/Kelurahan dan petugas kesehatan.

Adapun tujuan dari Survey ini   Agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah, karena mereka sendiri yang melakukan pengumpulan fakta & data dilingkungannya sendiri. Selain itu ditujukan untuk menggali sumber daya yang ada di desa sebagai bahan untuk menyusun pemecahanya.

“ Dengan masyarakat mengetahui permasalahan kesehatan yang ada di desanya , maka akan tahu juga cara untuk mengatasinya. Dan inilah salah satu tujuan dari survey mawas diri ini “, tambah dr. Eka

Menyinggung tentang Puskesmas Wedung 2 dr. Eka mengatakan , saat ini sudah ada pembenahan managemen maupun fisik bangunan. Dengan adanya pembenahan ini diharapkan pelayanan puskesmas  pada masyarakat lebih baik lagi. Namun karena keterbatasan tenaga hal ini membuat pelayanan kurang maksimal.

“ Kami berharap pelayanan di Puskesmas Wedung 2 ini lebih baik lagi , kendala pokok yang kami hadapi adalah masih banyaknya tenaga honorer di Puskesmas ini. Terutama tenaga perawat hampir separuhnya masih Wiyata bakti “, tambahnya

Dari hasil pengumpulan permasalahan yang menyangkut kesehatan di desa Kedungmutih diantaranya desa Kedungmutih membutuhkan TPA ( Tempat Pembuangan Akhir Sampah ). Dengan tidak adanya TPA tersebut warga membuang sampah sembarangan, diantaranya ke sungai Sungai , pinggir tanggul dan tempat lain. Sehingga desa berkesan kumuh dan tidak bersih.
Selain itu di beberapa tempat warga juga membutuhkan MCK ( Mandi Cuci Kakus ). Selama ini masih ada warga yang membuang hajat di kakus pinggir sungai . Hal ini selain menganggu pemandangan juga menganggu kesehatan . Jika tidak ditangani akan menimbulkan penyakit yang menyerang warga.

Kepala Desa Kedungmutih Suhari , SPdI menyambut baik adanya SMD ini. Pemerintah desa Kedungmutih akan mencarikan solusi permasalahan kesehatan yang ada di desa Kedungmutih .Ia berharap desa Kedungmutih menjadi desa yang bersih dan warganya sehat  sesuai yang diharapkan pemerintah.(MN)

0 Response to "Survey Mawas Diri , Kedungmutih Butuh TPA Sampah dan WC Umum"

Post a Comment

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "