"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Petambak Garam Demak , Di Perkenalkan Teknologi Baru Pembuatan Garam


Demak – Petambak garam Demak di desa Kedungmutih pada tahun 2018 ini diperkenalkan lagi teknologi atau cara membuat garam berkualitas. Dr. Ir. Sudarto, MM. inovator dan peneliti Garam Indonesia memperkenalkan teknologi Managemen Lahan untuk meningkatkan kualitas dan juga kuantitas garam.
Musa Abdillah salah satu petaambak garam yang lahannya tahun ini dibuat percontohan setelah mengikuti pelatihan dan juga praktek dilahan mengaku optimis dengan teknologi ini. Selain garamnya bersih juga kering ,kadar airnya tidak terlalu tinggi. Sehingga dipastikan ada peningkatan kualitas.
“ Ini contoh garam dari lahan yang hanya menggunakan teknologi geo membrane atau geo isolalator memang putih bersih namun kristalnya kecil dan kandungan airnya tinggi. Nah ini hasil kami dari teknologi managemen lahan selain putih bersih juga kering kadar air rendah “ kata Musa Abdillah pada kabaredemak,
Sebenarnya penerapan teknologi Managemen lahan ini tidak terlalu sulit . Lahan garamnya seluas dua hektar yang digunakan untuk percontohan ini sekitar sepertiganya. Yang dua pertiga masih menggunakan teknologi meja kritalisasi dengan geomembran. Lahan yang sepertiga itu kemudian di petak petak dibagi mulai dari kolam pengendapan , kolam penguapan , Tandon air tua dan meja kristalisasi.
“ Pada intinya teknologi baru ini hanya mengatur jalannya air mulai dari pengendapan pertama , masuk ke punguapan pertama , penguapan kedua , pengendapan kedua , penguapan ketiga baru masuk ke tandon air tua. Nah air tua inilah yang akan dimasukkan ke dalam meja kristalisasi “, jelas Musa Abdillah.
Ditambahkan Musa air di Kolam tendon air tua ini 24 derajat be yang jika satu hari panasnya kuat maka akan mengkristal jadi garam. Oleh karena itu jika petambak garam menggunakan teknologi ini . Bulan Januari musim hujan misalnya jika ada panas satu hari saja petambak garam akan bisa memanen garam dilahannya . Dan hal ini belum terjadi di sini musim hujan petambak garam bisa panen garam.
 Untuk menerapkan teknologi ini memang perlu tenaga dan juga biaya . Lahan  harus ditata sesuai dengan aturan , selain itu semua kolam atau meja kristalisasi menggunakan geomembran. Namun demikian setelah ia mempraktekkan teknologi manageman lahan ini biaya operasional akan tertutup dengan kenaikan produksi dan harga garam yang dihasilkan.
“ Saya punya keyakinan musim garam tahun depan banyak petambak garam disini yang akan beralih teknologi managemen lahan ini. Contohnya ini hasil garam yang berhasil saya panen di lahan ini kelihatannya ini bisa masuk PT Garam karena putih bersih dan kering “, kata Musa sambil menunjukkan hasil garamnya .
Hal sama dikatakan Musyafiq salah satu petambak garam yang mengikuti pelatihan . Teknologi itu mudah diterapkan dan hasil garamnya akan berlipat dibandingkan dengan penggunaan geomembran biasa tanpa managemen lahan. Kemungkinan masa garam tahun depan ia akan mempraktekkan cara pembuatan garam denganteknologio baru hasil pelatihan dari pak Dr. Ir. Sudarto, MM. (Muin)

1 Response to "Petambak Garam Demak , Di Perkenalkan Teknologi Baru Pembuatan Garam"

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "