"Mari Berdayakan Masyarakat Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

"Mari Berdayakan Masyarakat  Demak Untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Ombak datang Pertanda Rejeki Datang Bagi Nelayan



Demak – Awal bulan Januari ini cuaca kembali hujan disertai angin kencang hal ini membuat nelayan yang tinggal di seputaran Demak dan Jepara harus beristirahat tidak melaut. Jika dipaksakan melaut akan berakibat fatal karena ombak yang besar bisa menenggelamkan perahu mereka. Oleh karena itu banyak dari mereka yang beristirahat di rumah atau bekerja serabutan

Seperti diungkapkan oleh Nur Ahmad Said ( 25) nelayan asal desa Kedungmutih kecamatan Wedung sudah dua hari ini tidak melaut. Dalam dua hari ini ia hanya dirumah bercanda dengan anak dirumah dan juga njagong di rumah tetangga. Jika hujan reda iapun melihat perahunya untuk membetulkan mesin atau peralatan untuk menangkap ikan.

“ Ya kalau dipaksakan miyang resikonya ya banyak , kalaupun miyang ya paling di pinggiran laut saja. Namun saya kalau hujan bercampur ombak banyak prei di rumah “, kata Said  Kamis ( 13/1).

Said yang sudah  menjadi nelayan sejak kecil menambahkan ombak yang datang dimusim penghujan merupakan pertanda rejeki akan datang. Ketika ombak reda dan nelayan kembali melaut perolehan nelayan biasanya berlipat. Jika hari hari biasanya misalnya pendapatan mereka Rp 500 ribu . Usai ombak biasanya hasilnya dua kali atau bisa tiga kali lipat sehingga jika ombak besar tiba ban yak nelayan yang beristirahat.

Menghadapi musim ombak datang nelayan sudah bersiap siap  agar bisa belanja sehari hari. Sekarang nelayan sudah banyak yang mempunyai simpanan berupa uang ata barang barang berharga. Sehingga ketika tidak bisamelaut mereka mengeluarkan simpanan berupa uang. Jika tak ada uang biasanya mereka menggadaikan barang barang seperti emas dan barang berharga lainnya.(Muin)

0 Response to "Ombak datang Pertanda Rejeki Datang Bagi Nelayan"

Post a Comment

"BLOGNYA WARGA DEMAK DAN SEKITARNYA "
Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi dapat mengirim tulisan apa saja artikel, Berita, Foto dan apa saja yang bermanfaat ke Email : pakardans94[at]gmail.com, Dan jika anda mempunyai informasi yang perlu diliput dapat menghubungi Redaksi Phone:
085 290 238 476
Bagi anda yang mempunyai usaha apa saja yang ingin dipublikasan via media internet dan menghubungi Redaksi
Bila anda peduli dengan kemajuan blog ini dapat berbagi dengan kami
Donasi bisa dikirimkan via pengelola blog :
Nama : FATKUL MUIN
Bank : BRI UNIT PECANGAAN KULON JEPARA
NO REK : 5895-01-000092-53-8
" Marilah Kita Bersama Berdayakan Warga Demak Agar di Kenal Di Dunia "